Kamis, 25 April 2013

KONSUMEN



A.      Konsumen
1.      Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian dengan proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

2.      Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri ?
Menurut saya, perilaku konsumen perlu dikaji lebih dalam oleh sebuah perusahaan atau industri agar perusahaan atau industri mengetahui apa yang lebih disukai oleh para konsumen, dan perusahaan atau industri dapat melakukan pertimbangan untuk membuat produksi barang yang disukai konsumen agar penjualan menjadi laku terjual.

3.      Jelaskan pendekatan yang dapat digunkan dalam analisa perilaku konsumen !
Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen, yaitu adalah sebagai berikut ini:
a.       Pendekatan interpretif, pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya. Pendekatan ini dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
b.      Pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi, pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perilaku dan pembuatan keputusan konsumen. Pendekatan ini dilakukan melalui eksperimen dan survei untuk menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
c.       Pendekatan sains pemasaran yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika. Pendekatan ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan hierarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi, yang dikenal dengan sebutan moving rate analysis.

4.      Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
Terdapat empat faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian:
a.       Motivasi (motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
b.      Persepsi (perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan tersebut.
c.       Pembentukan sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.
d.      Integrasi (integration) merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan. Integrasi merupakan respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.

5.      Bagaimana menyikapai masalah perilaku konsumen ?
Menyikapi masalah perilaku konsumen yaitu produsen harus menerima keluhan atau saran yang diberikan oleh konsumen, dan produsen segera memperbaiki kesalahan-kesalahannya agar tidak ada lagi masalah perilaku konsumen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar