A.
Konsumen
1.
Apa yang dimaksud dengan perilaku
konsumen ?
Perilaku
konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan
pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan
jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal
yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian dengan proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
2.
Mengapa perilaku konsumen perlu
dikaji mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri ?
Menurut saya,
perilaku konsumen perlu dikaji lebih dalam oleh sebuah perusahaan atau industri
agar perusahaan atau industri mengetahui apa yang lebih disukai oleh para
konsumen, dan perusahaan atau industri dapat melakukan pertimbangan untuk
membuat produksi barang yang disukai konsumen agar penjualan menjadi laku
terjual.
3.
Jelaskan pendekatan yang dapat
digunkan dalam analisa perilaku konsumen !
Terdapat tiga
pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen, yaitu adalah sebagai berikut
ini:
a.
Pendekatan interpretif,
pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang
mendasarinya. Pendekatan ini dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan
focus group discussion untuk memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi
konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan
menggunakannya.
b.
Pendekatan tradisional yang
didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan
behaviorial serta dari ilmu sosiologi, pendekatan ini bertujuan mengembangkan
teori dan metode untuk menjelaskan perilaku dan pembuatan keputusan konsumen.
Pendekatan ini dilakukan melalui eksperimen dan survei untuk menguji coba teori
dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi,
membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
c.
Pendekatan sains pemasaran yang
didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika. Pendekatan ini
dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan
hierarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk memprediksi pengaruh
strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi, yang dikenal dengan
sebutan moving rate analysis.
4.
Faktor apa yang menentukan
perilaku konsumen ?
Terdapat empat faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan
keputusan pembelian:
a.
Motivasi
(motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam
diri manusia
untuk mencapai tujuan tertentu.
b.
Persepsi
(perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus
atau kejadian
yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya
terhadap rangsangan tersebut.
c.
Pembentukan sikap (attitude
formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang
mencerminkan sikap
suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.
d.
Integrasi (integration)
merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan. Integrasi
merupakan respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong
seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad
seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.
5.
Bagaimana menyikapai masalah
perilaku konsumen ?
Menyikapi masalah
perilaku konsumen yaitu produsen harus menerima keluhan atau saran yang
diberikan oleh konsumen, dan produsen segera memperbaiki kesalahan-kesalahannya
agar tidak ada lagi masalah perilaku konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar