Jumat, 26 April 2013

ELASTISITAS


A.      Konsep Elastisitas
1.      Apa yang dimaksud dengan elatisitas ?
Elastisitas adalah perbandingan perubahan proporsional dari sebuah variabel dengan perubahan variable lainnya. Dengan kata lain, elastisitas mengukur seberapa besar besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga.

2.      Mengapa elastisitas perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri ?
Menurut saya, elastisitas perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri karena perusahaan atau industri dapat membandingkan harga penawaran dengan dengan harga permintaan konsumen, agar produk yang di produksi oleh perusahaan atau industri dapar sesuai dengan permintaan konsumennya.

3.      Jelaskan konsep elastisitas harga permintaan dan penawaran, silang dan pendapatan !
ü  Elastisitas harga permintaan adalah derajat kepekaan/ respon jumlah permintaan akibat perubahan harga barang tersebut atau dengan kata lain merupakan perbadingan daripada persentasi perubahan jumlah barang yang diminta dengan prosentase perubahan pada harga di pasar, sesuai dengan hukum permintaan, dimana jika harga naik, maka kuantitas barang turun Dan sebaliknya.
ü Elastisitas harga pada penawaran adalah suatu alat untuk mengukur respon produsen terhadap perobahan harga, penghitungan elastisitas harga penawaran sama dengan penghitungan pada elastisitas harga permintaan, hanya saja perbedaan pengertian jumlah barang diminta diganti dengan jumlah barang yang ditawarkan.
ü Elastisitas silang adalah untuk mengukur tingkat kepekaan perubahan jumlah barang tertentu yang diminta akibat perubahan harga barang lain. Elstisitas silang ini berlaku untuk barang sibtitusi maupun barang komplementer.
ü Elastisitas pendapatan adalah suatau perubahan dari pendapat konsumen akan berpengaruh terhadap permintaan berbagai barang, besarnya pengaruh perubahan tersebut akan diukur.

4.      Faktor apa yang menentukan tingkat elatisitas ?
Faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan(demand) adalah:
a.       Perilaku konsumen/selera konsumen saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli,tetapi beberapa tahun yang akan datang mungkin sudah dianggap kuno.
b.      Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap. Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meisis,selai dan margarin akan turun permintaannya.
c.       Pendapatan/penghasilan konsumen. Orang yang punya tunjangan gaji dan pendapatan yang besar dapat membeli banyak barang yang dia inginkan,tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya.
d.      Perkiraan harga dimasa depan. Barang yang harganya diperkirakan akan naik,maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
e.       Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen. Ketika flu burung/flu babi sedang merebak,produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa permintaan buah kurma,blewah,timun suri,sirup akan meningkat.

5.      Bagaimana menurut anda tentang konsep elastisitas ?
Konsep elatisitas ini sangatlah penting bagi perusahaan atau industri dalam bidang permintaan dan penawaran harga, karena ini berpengeruh terhadap biaya produksinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar