A.
Konsep Elastisitas
1.
Apa yang dimaksud dengan
elatisitas ?
Elastisitas adalah perbandingan perubahan
proporsional dari sebuah variabel dengan perubahan variable lainnya. Dengan
kata lain, elastisitas mengukur seberapa besar besar kepekaan atau reaksi
konsumen terhadap perubahan harga.
2.
Mengapa elastisitas perlu dikaji
lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri ?
Menurut saya,
elastisitas perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri
karena perusahaan atau industri dapat membandingkan harga penawaran dengan
dengan harga permintaan konsumen, agar produk yang di produksi oleh perusahaan
atau industri dapar sesuai dengan permintaan konsumennya.
3.
Jelaskan konsep elastisitas harga
permintaan dan penawaran, silang dan pendapatan !
ü
Elastisitas harga permintaan
adalah derajat kepekaan/ respon jumlah permintaan akibat perubahan harga barang
tersebut atau dengan kata lain merupakan perbadingan daripada persentasi
perubahan jumlah barang yang diminta dengan prosentase perubahan pada harga di
pasar, sesuai dengan hukum permintaan, dimana jika harga naik, maka kuantitas
barang turun Dan sebaliknya.
ü
Elastisitas harga pada penawaran
adalah suatu alat untuk mengukur respon produsen terhadap perobahan harga,
penghitungan elastisitas harga penawaran sama dengan penghitungan pada
elastisitas harga permintaan, hanya saja perbedaan pengertian jumlah barang
diminta diganti dengan jumlah barang yang ditawarkan.
ü
Elastisitas silang adalah untuk
mengukur tingkat kepekaan perubahan jumlah barang tertentu yang diminta akibat
perubahan harga barang lain. Elstisitas silang ini berlaku untuk barang
sibtitusi maupun barang komplementer.
ü
Elastisitas pendapatan adalah suatau
perubahan dari pendapat konsumen akan berpengaruh terhadap permintaan berbagai
barang, besarnya pengaruh perubahan tersebut akan diukur.
4.
Faktor apa yang menentukan
tingkat elatisitas ?
Faktor yang
mempengaruhi tingkat permintaan(demand) adalah:
a.
Perilaku
konsumen/selera konsumen saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak
yang beli,tetapi beberapa tahun yang akan datang mungkin sudah dianggap kuno.
b.
Ketersediaan
dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap. Jika roti tawar tidak ada
atau harganya sangat mahal maka meisis,selai dan margarin akan turun
permintaannya.
c.
Pendapatan/penghasilan
konsumen. Orang yang punya tunjangan gaji dan pendapatan yang besar dapat
membeli banyak barang yang dia inginkan,tetapi jika pendapatannya rendah maka
seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya.
d.
Perkiraan
harga dimasa depan. Barang yang harganya diperkirakan akan naik,maka orang akan
menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
e.
Banyaknya/intensitas
kebutuhan konsumen. Ketika flu burung/flu babi sedang merebak,produk masker
pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa permintaan buah
kurma,blewah,timun suri,sirup akan meningkat.
5.
Bagaimana menurut anda tentang
konsep elastisitas ?
Konsep
elatisitas ini sangatlah penting bagi perusahaan atau industri dalam bidang
permintaan dan penawaran harga, karena ini berpengeruh terhadap biaya
produksinya.