Jumat, 26 April 2013

BIAYA

D.    Biaya
1.    Apa yang dimaksud dengan biaya ? dan sebutkan macam-macam biaya !
Biaya adalah pengorbanan sumber ekonomis yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau yang sedang terjadi atau yang akan terjadi untuk tujuan tertentu.
Macam-macam biaya

ELASTISITAS


A.      Konsep Elastisitas
1.      Apa yang dimaksud dengan elatisitas ?
Elastisitas adalah perbandingan perubahan proporsional dari sebuah variabel dengan perubahan variable lainnya. Dengan kata lain, elastisitas mengukur seberapa besar besar kepekaan atau reaksi konsumen terhadap perubahan harga.

2.      Mengapa elastisitas perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri ?
Menurut saya, elastisitas perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri karena perusahaan atau industri dapat membandingkan harga penawaran dengan dengan harga permintaan konsumen, agar produk yang di produksi oleh perusahaan atau industri dapar sesuai dengan permintaan konsumennya.

3.      Jelaskan konsep elastisitas harga permintaan dan penawaran, silang dan pendapatan !
ü  Elastisitas harga permintaan adalah derajat kepekaan/ respon jumlah permintaan akibat perubahan harga barang tersebut atau dengan kata lain merupakan perbadingan daripada persentasi perubahan jumlah barang yang diminta dengan prosentase perubahan pada harga di pasar, sesuai dengan hukum permintaan, dimana jika harga naik, maka kuantitas barang turun Dan sebaliknya.
ü Elastisitas harga pada penawaran adalah suatu alat untuk mengukur respon produsen terhadap perobahan harga, penghitungan elastisitas harga penawaran sama dengan penghitungan pada elastisitas harga permintaan, hanya saja perbedaan pengertian jumlah barang diminta diganti dengan jumlah barang yang ditawarkan.
ü Elastisitas silang adalah untuk mengukur tingkat kepekaan perubahan jumlah barang tertentu yang diminta akibat perubahan harga barang lain. Elstisitas silang ini berlaku untuk barang sibtitusi maupun barang komplementer.
ü Elastisitas pendapatan adalah suatau perubahan dari pendapat konsumen akan berpengaruh terhadap permintaan berbagai barang, besarnya pengaruh perubahan tersebut akan diukur.

4.      Faktor apa yang menentukan tingkat elatisitas ?
Faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan(demand) adalah:
a.       Perilaku konsumen/selera konsumen saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli,tetapi beberapa tahun yang akan datang mungkin sudah dianggap kuno.
b.      Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap. Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meisis,selai dan margarin akan turun permintaannya.
c.       Pendapatan/penghasilan konsumen. Orang yang punya tunjangan gaji dan pendapatan yang besar dapat membeli banyak barang yang dia inginkan,tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya.
d.      Perkiraan harga dimasa depan. Barang yang harganya diperkirakan akan naik,maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
e.       Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen. Ketika flu burung/flu babi sedang merebak,produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa permintaan buah kurma,blewah,timun suri,sirup akan meningkat.

5.      Bagaimana menurut anda tentang konsep elastisitas ?
Konsep elatisitas ini sangatlah penting bagi perusahaan atau industri dalam bidang permintaan dan penawaran harga, karena ini berpengeruh terhadap biaya produksinya.

PRODUSEN




A.      Produsen
1.      Apa pengertian dari produsen ? dan sebutkan pengkategorian produsen !!!
Produsen adalah orang yang menghasilkan barang atau jasa untuk dijual atau dipasarkan kepada para konsumen. Pengkategorian produsen adalah sebagai berikut ini:
ü  Produsen
ü  Distributor
ü  Agen
ü  Pengecer
ü  pengguna

2.      Apa yang dimaksud dengan perilaku produsen ?
Perilaku produsen adalah suatu kegiatan untuk mengatur produksi barang sehingga produk yang dihasilkan akan bermutu tinggi sehingga dapat diterima oleh para konsumen dan menghasilkan keuntungan untuk perusahaab atau industri tersebut.

3.      Apa yang dimaksud dengan fungsi produksi ?
Produksi merupakan suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya disebut produksi jasa. Sedangkan kegiatan menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya disebut produksi barang. Produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran, jika persediaan barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi.

4.      Apa yang dimaksud dengan Least Cost Combination ?
Least Cost Combination adalah menentukan kombinasi masukan dari para konsumen untuk jadi pertimbangan mana yang memerlukan biaya terendah apabila jumlah produksi yang ingin dihasilkan telah ditentukan.

5.      Bagaimana cara mengoptimalkan produksi ?
Dengan meminimalisasi biaya produksi yang berlebihan, dan mengadakan promosi atau pemasaran melalui pasar-pasar modern maupun pasar-pasar tradisional agar produksi dapat cepet terjual.

PRODUSEN




A.      Produsen
1.      Apa pengertian dari produsen ? dan sebutkan pengkategorian produsen !!!
Produsen adalah orang yang menghasilkan barang atau jasa untuk dijual atau dipasarkan kepada para konsumen. Pengkategorian produsen adalah sebagai berikut ini:
ü  Produsen
ü  Distributor
ü  Agen
ü  Pengecer
ü  pengguna

2.      Apa yang dimaksud dengan perilaku produsen ?
Perilaku produsen adalah suatu kegiatan untuk mengatur produksi barang sehingga produk yang dihasilkan akan bermutu tinggi sehingga dapat diterima oleh para konsumen dan menghasilkan keuntungan untuk perusahaab atau industri tersebut.

3.      Apa yang dimaksud dengan fungsi produksi ?
Produksi merupakan suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya disebut produksi jasa. Sedangkan kegiatan menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya disebut produksi barang. Produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran, jika persediaan barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi.

4.      Apa yang dimaksud dengan Least Cost Combination ?
Least Cost Combination adalah menentukan kombinasi masukan dari para konsumen untuk jadi pertimbangan mana yang memerlukan biaya terendah apabila jumlah produksi yang ingin dihasilkan telah ditentukan.

5.      Bagaimana cara mengoptimalkan produksi ?
Dengan meminimalisasi biaya produksi yang berlebihan, dan mengadakan promosi atau pemasaran melalui pasar-pasar modern maupun pasar-pasar tradisional agar produksi dapat cepet terjual.

PRODUSEN




A.      Produsen
1.      Apa pengertian dari produsen ? dan sebutkan pengkategorian produsen !!!
Produsen adalah orang yang menghasilkan barang atau jasa untuk dijual atau dipasarkan kepada para konsumen. Pengkategorian produsen adalah sebagai berikut ini:
ü  Produsen
ü  Distributor
ü  Agen
ü  Pengecer
ü  pengguna

2.      Apa yang dimaksud dengan perilaku produsen ?
Perilaku produsen adalah suatu kegiatan untuk mengatur produksi barang sehingga produk yang dihasilkan akan bermutu tinggi sehingga dapat diterima oleh para konsumen dan menghasilkan keuntungan untuk perusahaab atau industri tersebut.

3.      Apa yang dimaksud dengan fungsi produksi ?
Produksi merupakan suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah daya guna suatu benda tanpa mengubah bentuknya disebut produksi jasa. Sedangkan kegiatan menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya disebut produksi barang. Produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran, jika persediaan barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi.

4.      Apa yang dimaksud dengan Least Cost Combination ?
Least Cost Combination adalah menentukan kombinasi masukan dari para konsumen untuk jadi pertimbangan mana yang memerlukan biaya terendah apabila jumlah produksi yang ingin dihasilkan telah ditentukan.

5.      Bagaimana cara mengoptimalkan produksi ?
Dengan meminimalisasi biaya produksi yang berlebihan, dan mengadakan promosi atau pemasaran melalui pasar-pasar modern maupun pasar-pasar tradisional agar produksi dapat cepet terjual.